Powered By Blogger

Senin, 08 Februari 2016

Bogor Wisata Sejarah

Kampung Budaya Sindangbarang Bogor, jika anda yang pernah mendengar nama kampung ini pasti teringat akan peninggalan Budaya Sunda dan Keratonya. Kampung Budaya yang lokasinya 5km dari kota Bogor ini merupakan kota tertua yang ada diwilayah Bogor. Konon katanya pada zaman dahulu, disini merupakan tempat dilatihnya para kesatria kerajaan, dan sebagai lahirnya budaya Sunda Bogor Seren Taun. ya diadakan setelah masa panen tiba.


wisata budaya bogor



Tidak hanya dibogor saja kita bisa mengetahui apa itu Upacara adat Seren Taun,namun Di daerah Cigugur Kuningan juga sama memiliki kepercayaan layaknya Seren Taun di kampung Sindangbarang ini. Upacara adat seren taun merupakan salah satu bentuk rasa syukur kita terhadap sang pencipta karna telah dilimpahkanya Rizkki yang begitu besar. Upacara ini biasanya diselenggarakan setelah panen dalam bentuk syukuran.

Hal Unik yang dari kampung Sindangbarang



Kampung Sindangbarang memliki situs purbakala kuno dan peniggalan sejarah dari kerajaan Padjajaran yang berupa Bukit-bukit berundak. Disini juga sering kali diadakan pameran pementasan seni tradisional yang bertujuan agar para generasi muda bisa melestarikan kebudayaan ini.
Dan untuk melestarikan peninggalan sejarah yang ada dikampung ini, pemerintah bekerjasama dengan FIB UI  untuk melakukan penelitian.
Sejak 6 tahun lalu dikampung ini sudah memiliki 27 bangunan Tradisional yang berdiri disekitar kampung Budaya,dan setiap Bangunan memiliki Fungsi khusus seperti lubung pagi yang berdiri berdampingan menghadap lapangan yang berumput subur. Di Kampung Budaya ini teradapat 8 macam jenis kesenian Sunda yang sudah direvitalisasi dan dilestarikan oleh para penduduknya sampai sekarang.

Apa saja yang bisa dilakukan diKampung ini?








Jangan khawatir ketika anda mengunjungi kampung budaya sunda ini anda pasti akan disajikan pemandangan alam yang Indah. Disini juga anda bisa melihat-lihat siklus sejarah dan peninggalan sejarah yang tedapat di Kampung ini. Seperti melihat Rumah panggung yang terbuat dari Bambu dan bisa menikmati semua yang berkaitan dengan budaya bertani dan pengolahan hasil bumi. Kegiatan wisata yang dilakukan dikampung wisata Sunda ini murni dilakukan oleh para sesepuh yang ada dikampung ini. dan dana yang dihasilkan dari kegiatan wisata ini digunakan untuk renovasi ataupun perbaikan bagi rumah-rumah adat yang ada.

Akses Menuju Kampung Budaya Sindangbarang Bogor

Akses menuju kampung ini sangat mudah karena jalan sudah beraspal rapi dan disepanjang jalan anda akan disuguhi dengan pemandangan persawahan yang membentang dan udara yang masih asri sehingga menambah kenyamanan suasana perjalanan anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar